RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMP
Mata Pelajaran : Prakarya
Kelas/Semester : VII/dua
Materi Pokok :
Rekayasa
Alokasi Waktu :
5 pertemuan (10 JP)
A.
Kompetensi Dasar dan indicator Pencapaian Kompetensi
No.
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
1.
|
3.3 Memahami jenis-jenis dan fungsi teknologi konstruksi
|
3.3.1. siswa mampu memahami tentang pembuatan kontuksi
miniature jembatan
3.3.2. 1.
Mengetahui Kontruksi Jembatan di Dunia
3.3.2. 3.
Mengetahui Jenis-Jenis Jembatan dan fungsinya
|
2.
|
4.3 Memanipulasi jenis-jenis dan fungsi teknologi konstruksi
|
4.3.2.3. Belajar Teknik Pembuatan Miniatur Jembatan
4.3.2.4.
Membuat Rancangan Konstruksi Miniatur Jembatan
4.3.2.5.
Membuat Karya Kontruksi Miniatur Jembatan
|
B.
Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti serangkai kegiatan
pembelajaran budidaya tanaman obat, peserta didik dapat:
1. menyatakan pendapat tentang keanekaragaman konstruksi
mniatur jembatan, sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan dan bangga sebagai
bangsa Indonesia;
2. mengidentifikasi jenis, bahan, alat dan proses
pembuatan konstruksi miniatur jembatan berdasarkan rasa ingin tahu dan peduli
lingkungan;
3. merancang karya teknologi konstruksi miniatur jembatan
berdasarkan orisinalitas ide yang jujur terhadap diri sendiri;
4. membuat dan mempresentasikan karya teknologi konstruksi
miniatur jembatan berdasarkan teknik dan prosedur yang tepat dengan disiplin
dan tanggung jawab
1. Pertemuan 1
1.1. Pertemuan
pertama Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran peserta didik
dapat:
1.1.1.
memahami tentang kontuksi miniature jembatan
1.1.2.
Mengetahui Kontruksi Jembatan di Dunia
2. Pertemuan 2
2.1.
Pertemuan pertama Setelah mengikuti serangkaian
kegiatan pembelajaran peserta didik dapat:
2.1.1.
Mengetahui Jenis-Jenis Jembatan dan fungsinya
3.
Pertemuan 3
3.1.
Pertemuan pertama Setelah mengikuti serangkaian
kegiatan pembelajaran peserta didik dapat:
3.1.1.
Belajar Teknik Pembuatan Miniatur Jembatan
4. Pertemuan 4
4.1.
Pertemuan pertama Setelah mengikuti serangkaian
kegiatan pembelajaran peserta didik dapat:
4.1.1.
Membuat Rancangan Konstruksi Miniatur Jembatan
4.1.2.
Membuat Karya Kontruksi Miniatur Jembatan
C.
Materi Pembelajaran
i.
memahami tentang kontuksi miniature jembatan
ii.
Mengetahui Kontruksi Jembatan di Dunia
iii.
Mengetahui Jenis-Jenis Jembatan dan fungsinya
iv.
Belajar Teknik Pembuatan Miniatur Jembatan
v.
Membuat Rancangan Konstruksi Miniatur Jembatan
vi.
Membuat Karya Kontruksi Miniatur Jembatan
D.
Metode Pembelajaran
Inquiry/Discovery
Learning
E.
Sumber
Belajar
1.
Buku
siswa:
Frick, Heinz. 2002. Ilmu
Konstruksi dan Perlengkapan Utilitas Bangunan. Yogyakarta: Kanisius.
Ilham, M Noer. 2011. Jenis
Jembatan. [Online] Tersedia: http://mnoerilham. blogspot.com/. (21 Oktober
2015)
Supriyadi, Bambang dan Agus Setyo
Muntohar. 2007. Jembatan. Yogyakarta: Beta Offset
Ervianto. 2002. Manajemen Proyek
Konstruksi. Yogyakarta: Andi Offset.
Frick, Heinz. 2004. Ilmu
Konstruksi Bangunan Kayu Pengantar Konstruksi Bangunan Kayu. Yogyakarta:
Kanisius.
G. Media dan bahan
1. Media
Pembelajaran
a. Gambar miniatur jembatan
2. Bahan
a.
Alat tulis
H. Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
PERTEMUAN
1
1.
Pendahuluan
(10 menit)
1) Guru meminta ketua kelas atau pengurus kelas secara acak untuk memimpin
doa dan mengondisikan suasana belajar yang menyenangkan.
2) Guru mengecek penguasaan
kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya, yaitu kontruksi miniature jembatan dengan cara menyuruh anak secara acak
untuk membacakan kembali
3) Guru menyampaikan kompetensi
yang akan dicapai, yaitu kontruksi
jembatan di dunia
4) Guru menyampaikan garis besar
cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan, yaitu dapat mengetahui kontruksi jembatan di dunia
5) Guru menyampaikan lingkup
penilaian, dan teknik penilaian yang akan digunakan.
2. Kegiatan Inti (60 menit)
a.
Mengamati:
Untuk
lebih nyata dalam memberi gambaran pada peserta didik tentang pengertian dan berbagai
jenis Kontruksi Jembatan di Dunia, serta untuk memotivasi peserta didik
mempelajari bab ini, maka peserta didik diminta melakukan pengamatan dengan
cara melihat gambar jembatan, dan video yang di tampilkan agar dapat
mendeskripsikan mengenai kontruksi jembatan di dunia
b. Menanya
Peserta didik merumuskan pertanyaan tentang hal-hal
yang belum diketahui terkait kontruksi jembatan.
c.
Menanya
Melalui tanya jawab dengan peserta didik, guru
menggali pengetahuan peserta didik tentang kontruksi jembatan.
d. Mengeksplorasikan/mengumpulkan data
Selain dari gambar dan video yang di
tayangkan guru Peserta didik diminta melakukan observasi gambar yang ada di
buku masing-masing.
e. Mengasosiasikan
Hasil pengamatan peserta didik dilaporkan
dalam bentuk laporan observasi tertulis yang berisi tentang kontruksi jembatan.
f.
Mengkomunikasikan
Peserta
didik diminta untuk mempresentasikan hasil diskusi
kelompok tentang kontruksi jembatan dengan penuh percaya diri.
2.
Penutup (10)
Guru memfasilitasi peserta didik membuat butir-butir
simpulan mengenai kontruksi jembatan
Guru guru memberi umpan balik peserta didik dalam
proses dan hasil pembelajaran dengan cara memberi pertanyaan atau soal tertulis
Guru menyampaikan kegiatan belajar yang dikerjakan
sebagai PR yaitu membuat 5 soal dan jawaban mengenai kontruksi jembatan.
Guru memberitahukan kegiatan belajar yang akan
dikerjakan pada pertemuan berikutnya.
Guru meminta salah satu siswa untuk memimpin doa
I. Penilaian
Pengetahuan
Rubrik dan contoh soal tes pengetahuan pada Lampiran 2.
Keterampilan
Tes praktik/tes kinerja
menggunakan rubrik penilaian keterampilan (Lampiran 3.
Bumi
nabung, .............................. 2017
Mengetahui
Kepala SMP 1 BUMI NABUNG Guru
Mata Pelajaran
NURYADI,
SPd. ARDI
SETIAWAN, A.Md.
NIP. ... NIP.
...
CONTOH RUBRIK TES PENGETAHUAN
PERTEMUAN 1
No
|
Indikator
|
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen
|
1.
2.
|
Peserta didik dapat:
Memahami
tentang kontuksi
Miniatur
jembatan
Mengetahui
Kontruksi
Jembatan
di Dunia
|
Tes tertulis
Tes tertulis
|
Tes uraian
Tes uraian
|
Apa yang di
sebut dengan kontruksi miniatur jembatan.!
Jelaskan 5 macam-macam
kontruksi jembatan di dunia.!
|
PERTEMUAN 2
No
|
Indikator
|
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen
|
1.
|
Mengetahui
Jenis-Jenis
Jembatan
dan fungsinya
|
Tes tertulis
|
Tes uraian
|
Tuliskan 3
jenis jembatan yang ada di dunia beserta fungsinya!
|
PERTEMUAN 3
No
|
Indikator
|
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen
|
1.
|
Peserta didik dapat:
Belajar
Teknik Pembuatan
Miniatur
Jembatan
|
Tes tertulis
|
Tes uraian
|
Tuliskan
langkah-langkah prosedur pembuatan kontruksi miniature jembatan!
|
PERTEMUAN 4
No
|
Indikator
|
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen
|
1.
2.
|
Peserta didik dapat:
Membuat
Rancangan
Konstruksi
Miniatur Jembatan
Membuat
Karya Kontruksi
Miniatur
Jembatan
|
Tes tertulis
Tes unjuk kerja
|
Tes uraian
Lembar observasi
|
Bualkan
rancangan kontruksi miniature jembatan yang aka nada buat.
Lakukan praktik pembuatan
miniature jembatan
dengan cara memilih satu jembatan yang ada di wilayah tempat
tinggalmu! Lakukan dengan langkah-langkah yang sesuai dengan prosedur yang
benar dan sistematis
|
Lampiran 3.
Rubrik Penilaian Keterampilan
LEMBAR PENILAIAN
KETERAMPILAN
Nama
Sekolah : SMP PGRI 1 BUMI NABUNG
Mata
Pelajaran : PRAKARYA
Nama dan Nomor :
Kelompok :
No.
|
Aspek
Penilaian
|
Skor
|
Catatan
|
A
|
Observasi/Mengamati
|
|
|
1.
|
Relevansi
|
|
|
2.
|
Kelengkapan
|
|
|
3.
|
Pembahasaan
|
|
|
B
|
Diskusi
|
|
|
4
|
Keterampilan
mengkomunikasikan
|
|
|
5
|
Keterampilan
mendengarkan
|
|
|
6
|
Keterampilan
berargumentasi
|
|
|
7
|
Keterampilan
berkontribusi
|
|
|
C
|
Presentasi
|
|
|
8
|
Keterampilan
menjelaskan
|
|
|
9
|
Keterampilan
memvisualisasikan
|
|
|
10
|
Keterampilan
merespon
|
|
|
D
|
Mencipta (Produk)
|
|
|
11
|
Proses
|
|
|
12
|
Hasil
|
|
|
|
Jumlah Skor
|
|
|
Rentang
Skor = 1 - 5 Skor 0 – 12 =
Sangat Kurang
Skor
minimal = 12 13 – 24 = Kurang
Skor
maksimal = 60 25 – 36 = Cukup
37 – 48 = Baik
49 – 60 =
Sangat Baik
Komentar
Posting Komentar